Selasa, 29 Mei 2012

SEARCH ENGINE

Pengertian
Mesin pencari (search engine) adalah program komputer  yang dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer  dalam suatu jaringan.
Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya.
Macam-macam search engine
Yahoo (www.yahoo.com)
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Selain web Yahoo! juga menyediakan pencarian gambar, video dan berita.
Kelebihan:
Cara surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju.
Salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis.
Bila di refresh cepat.
Banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Yahoo! Mail, Yahoo! OMG dan lain2.
Sudah ada di banyak negara.
Kekurangan:
Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn.
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan.
Fitur YM masih sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows.
Skin untuk YM mashi sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak.
Google (www.google.com)
Google menyediakan fasilitas pencarian web, gambar, peta, berita, gmail. Dokumen, kalender, terjemahan dan lainnya.
Kelebihan:
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
Tampilan yang sederhana.
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
Kekurangan:
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
MSN (http://search.msn.com)
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo!Menyediakan pencarian web, peta, gambar, video, berita dan belanja. 
Kelebihan:
Mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.

Kekurangan:
Pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
Pengguna juga  sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan  iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
Altheweb (www.altheweb.com)
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
Altavista (www.altavista.com)
Lycos (www.lycos.com)
Bing (www.bing.com)
Ask (www.ask.com)

0 komentar:

Posting Komentar